Tuesday, September 30, 2014

Tahukah Kamu ? Manfaat Dari Gula Jawa

Manfaat dari gula Jawa - Terdapat banyak jenis gula untuk minuman, misalnya : gula pasir(granulated sugar), gula jawa(gula merah), gula batu, gula bubuk(confectioner sugar), gula kastor(caster sugar), gula coklat(brown sugar), gula jelly(jelly mallow), caramel, gula aren, fruktosa, gula maltose, dll.

Namun dari sekian banyak jenis gula, yang bagus digunakan sebagai bahan pembuat minuman anti sakit adalah gula jawa atau gula merah, karena gula jawa mengandung thiamine, riboflavin, nicotinic acid, protein dan vitamin c, selain banyak kandungan tersebut gula jawa juga berguna bagi tubuh, yakni :

Manfaat gula jawa / gula merah

1. Mengobati asma, anemia, lepra, batuk dan demam
2. Sebagai makanan awal bagi penderita tipus
3. Menurunkan BP dan panas pancreas
4. Menguatkan jantung
5. Membantu pertumbuhan gigi yang kuat
6. Berkhasiat seperti madu

manfaat-gula-jawa-mmsehat
image: ryan-isra.net
--------
footnote:
thiamine adalah salah satu nutrisi vital bagi manusia dari kelompok Vitamin B kompleks. Vitamin B1 berperan penting untuk mempertahankan fungsi saraf dan jantung yang sehat.
riboflavin adalah dikenal juga sebagai vitamin B2, adalah mikronutrisi yang mudah dicerna, bersifat larut dalam air, dan memiliki peranan kunci dalam menjaga kesehatan pada manusia dan hewan.[1] Vitamin B2 diperlukan untuk berbagai ragam proses seluler.
nicotinic acid  adalah  (bahasa Inggris: niacin, nicotinic acid vitamine) adalah salah satu senyawa organik yang ditemukan pada tahun 1937, yang berfungsi untuk mencegah penyakit pelagra. Senyawa organik yang lain disebut nikotinamida, keduanya mengandung alkaloid nikotina dan kemudian disebut sebagai vitamin B3, meskipun nikotinamida bukanlah nikotinamina.

---------
Sumber :
wikipedia.org
Indy ainun : 150 makanan minuman sehat
Load disqus comments

0 comments