Friday, August 22, 2014

Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Penderita Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisis medis kronis dengan tekanan darah di arteri meningkat. Peningkatan ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah. Tekanan darah normal pada saat beristirahat adalah kisaran sistolik (otot jantung berkontraksi) 100-140 mmhg dan distolik (otot jantung berelaksasi) 60 – 90 mmhg, tekanan darah tinggi terjadi bila terus menerus berada pada 14090 mmhg atau lebih.

makanan-berkolesterol-tinggi-mmsehat
image: elitespringbedmattress.wordpress.com

Karena penyakit hipertensi langsung berhubungan dengan penyakit strok dan jantung pola hidup dan pola makan sangat mempengaruhi penderita hipertensi, berikut makanan yang harus dihindari atau dibatasi bagi penderita hipertensi :

1. Makanan yang berkadar lemak jenuh tinggi (otak, ginjal, paru, minyak kelapa, gajih).

2. Makanan yang diolah dengan menggunakan garam natrium (biscuit, craker, keripik dan makanan kering yang asin).

3. Makanan dan minuman dalam kaleng (sarden, sosis, korned, sayuran serta buah-buahan dalam kaleng, soft drink).

4. Makanan yang diawetkan (dendeng, asinan sayur/buah, abon, ikan asin, pindang, udang kering, telur asin, selai kacang).

5. Susu full cream, mentega, margarine, keju mayonnaise, serta sumber protein hewani yang tinggi kolesterol seperti daging merah (sapi/kambing), kuning telur, kulit ayam).

6. Bumbu-bumbu seperti kecap, maggi, terasi, saus tomat, saus sambal, tauco serta bumbu penyedap lain yang pada umumnya mengandung garam natrium. Untuk kecap, sebaiknya gunakan produk khusus kecap manis bebas gula dan rendah garam.

7. Alkohol dan makanan yang mengandung alkohol seperti durian, tape.

Selain makana yang harus dihindari diatas, teman-teman juga juga perlu mengkonsumsi makanan sehat yang dianjurkan oleh penderita hipertensi. Dapat disimak dihalaman Makanan yang dianjurkan oleh penderita hipertensi ini.

-------
Sumber:
www.wikipedia,com
www.mitrakeluarga.com
www.girlslife.com
Indy Ainun : 150 makanan minuman sehat
Load disqus comments

0 comments