Thursday, August 21, 2014

Menu Makanan Sehat Sehari-hari

Menu Makanan Sehat adalah kebutuhan bagi semua orang baik pria maupun wanita, baik anak-anak maupun dewasa. Banyak tips menu makanan sehat sehari-hari sehingga memudahkan dalam mengatur pola makan makanan sehat. Makanan adalah sumber energi utama bagi tubuh untuk aktivitas sehari-hari. Menu makanan sehat bisa didapat dari sayur-sayuran segar, buah-buahan, susu, daging dan banyak minum air putih ini yang banyak dokter katakan. Dibawah ini lima menu yang harus ada dalam makanan sehari-hari kita paling tidak bisa mencukupi asupan gizi.

menu-makanan-sehat-sehari-hari
gambar: kesehatan82.blogspot.com
1. Karbohidrat. Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh. Karbihidrat banyak terdapat dalam beberepa bahan makanan seperti nasi, gandum, singkong dan yang lain.

2. Protein. Proten berguna untuk pembangun sel-sel dalam jaringan tubuh, mengganti sel-sel yang rusak dan penghasil energi seperti karbohidrat. Protein terdapat dalam beberapa makanan seperti tahu, tempe, telur, daging, dan masih banyak lagi.

3. Mineral. Sayur-sayuran merupakan menu makanan sehat yang banyak mengandung mineral didalamnya. Karena itu sayuran sering menjadi pilihan makanan bagi orang-orang yang sedang menjalani program diet.

4. Vitamin. Vitamin banyak terdapat dibuah-buahan dan untuk segala macam jenis buah. Seperti jeruk vitamin C membentuk protein yang berguna bagi sistem kekebalan tubuh, Wortel vitamin A, untuk menjaga kesehatan mata dan lain-lain.

5. Susu. Susu disini sebagai pelengkap dari keempat elemen menu sehat sehari-hari diatas. Artinya susu bisa juga tidak dikonsumsi setiap hari. Susu digunakan sebagai pelengkap penyempurna menu makanan sehari-hari dengan manfaat membantu pembentukan tulang. Susu cocok dikonsumsi bagi anak-anak yang masih dalam pertumbuhan.

Menu makanan diatas biasa disebut dengan empat sehat lima sempurna. Agar menu makanan sehat sehari-hari diatas dapat diserap secara maksimal oleh tubuh pengaturan pola makan juga diperhatikan, makan tepat waktu/tidak telah, dari sarapan, makan siang dan makan malam. InsyaAllah dengan pola makanan sehat seperti ini tubuh akan sehat dan aktivitas akan tarasa ringan :D.

Terimakasih telah mampir di blog Tis Makanan Sehat ini dan membaca artikel Makanan Sehat Sehari-hari semoga bisa bermanfaat. Silahkan komentar.

sumber: http://huruharada.blogspot.com/2013/06/menu-makanan-sehat.html
Load disqus comments

0 comments