Thursday, September 4, 2014

Tips Kesehatan Atasi Stress

Tips Atasi Stress - Stres adalah suatu kondisi anda yang dinamis saat seorang  dihadapkan pada, tuntutan, atau  yang terkait dengan apa yang dihasratkan oleh  itu dan yang hasilnya dipandang tidak pasti dan penting. Stress adalah beban rohani yang melebihi kemampuan maksimum rohani itu sendiri, sehingga perbuatan kurang terkontrol secara sehat. Stres tidak selalu buruk, walaupun biasanya dibahas dalam konteks negatif, karena stres memiliki nilai positif ketika menjadi peluang saat menawarkan  hasil. Sebagai contoh, banyak  berupa beban kerja yang berat dan tenggat waktu yang mepet sebagai  positif yang menaikkan mutu pekerjaan mereka dan kepuasan yang mereka dapatkan dari pekerjaan mereka. ( Wikipedia.com).

tips-atasi-stress-dalam-10-menit-mmsehat.gif
image: wajahbocah.com

Berikut kami sajikan kiat-kiat mengatasi Stress dalam 10 menit :

1. Diam Sejenak
Satu kali dalam sehari, luangkan 5-1- menit untuk duduk dengan tenang tanpa melakukan apapun. Pusatkan perhatian pada suara-suara di sekitar anda, rasakan suasana hati anda dan renggangkan otot-otot leher, bahu, tangan, kaki, dada dan lainnya.

2. Tertawalah Sepuasnya
Simpanlah hal-hal kecil yang dapat membuat anda tertawa. Buku komik faforit atau voice mail lucudari anak maupun teman anda, mislnya tak ada salahnya meluangkan waktu untuk menonton sitcom kegemaran anda. Cara ini bisa anda lakukan setiap kali anda membutuhkannya.

3. Putar Musik faforit
Musik juga dapat mempengaruhi suasana hati. Putarlah music-musik ringan seperti music klasik, country, jazz atau music lainnya kesukaan anda, saat anda menghadapi tugas-tugas yang berat. Di tepat kerja, anda pun bisa mendengarkan music kesukaan anda.

4. Visualisasi yang menyenangkan
Bayangkanlah wajah si dia atau hal yang paling anda sukai selama 15 detik sampai 5 menit. Boleh juga memikirkan rencana liburan yang mengasikkan. Itu akan membuat sedikit stress anda akan hilang

5. Jalan-jalan dulu
Bangunlah dari sofa dan tinggalkan sejenak meja kerja anda. Langkahkan kaki untuk berjalan-jalan selama 10 menit

6. Atur nafas
Secara perlahan-lahan, bernafaslah dalam-dalam sebanyak 6 kali dalam 1 menit. Dengan kata lain, ambil nafas selama 1 detik, lalu lepaskan selama 5 detik berikutnya. Lakukan selama 5 menit

7. Relaksasi
Sebelum tidur dan saat bangun keesokan harinya, luangkan waktu 5 menit untuk melakukan relaksasi. Mulailah dngan menegangkan jari-jari kaki lalu lemaskan, lanjutkan pada otot-otot kaki, betis, paha, pantat dan terus ke atas. Terakhir lakukan senam wajah untuk melemaskan otot-otot muka

Nah, bagi Anda yang mengalami stress saat sedang bekerja atau saat dilanda masalah dapat dicoba tips atasi stress dalam 10 menit ini. Semoga bermanfaat dan salam sehat MMSehat.

-------
Sumber :
Indy Ainun : 150 makanan minuman sehat

Load disqus comments

0 comments